Jasa Pengiriman Hewan ke Luar Negeri Untuk Anda

Banyak keluarga yang memiliki hewan peliharaan yang akan pindah ke luar negeri mencari jasa pengiriman hewan ke luar negeri karena mereka bukan hanya harus mengurus dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan kepindahan mereka saja namun juga harus mengurus hewan peliharaan yang akan dibawa pula. Prosedur pengiriman hewan ke luar negeri tidak semudah proses pengiriman di dalam negeri setiap negara mempunyai aturannya sendiri untuk menerima kedatangan hewan dari luar negaranya, ada dua tipe negara penerima pertama negara yang bebas rabies dan kedua tipe waspada rabies. Indonesia tetap masuk dalam kategori waspada rabies seingga kadang sulit mendapatkan izin dari negara tujuan pengiriman. Berikut adalah proses pengumpulan dan pembuatan dokumen yang diperlukan oleh jasa pengiriman hewan ke luar negeri :

  1. Pertama yang harus diketahui untuk mengumpulkan dokumen sebelum yang akan diserahkan kepada jasa pengiriman paket ke luar negeri murah yaitu buku kesehatan hewan peliharaan, akan dilihat catatan pemberian vaksin pada hewan peliharaan.
  2. Surat dari dokter hewan yang menyatakan bahwa hewan dalam keadaan Sehat.
  3. Surat rekomendasi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota anda tinggal. Surat ini akan ditujukan ke Dirjen Peternakan dan kesehatan hewan untuk mendapatkan sertifikat. Bawa binatang peliharaan anda karena akan ada pemeriksaan oleh dokter hewan yang akan memberikan surat rekomendasi dan surat keterangan sehat.
  4. Sertifikat  dari Dirjen Peternakan dan kesehatan hewan. Sertifikat dibutuhkan hewan peliharaan anda agar bisa masuk ke negara tujuan, prosesnya kurang lebih membutuhkan waktu selama 1 minggu. Sertifikat ini memiliki masa berlaku 1 bulan semenjak dikeluarkan.
  5. Balai Besar karantina di Bandara asal. Hewan peliharaan anda sekali lagi akan di cek oleh dokter hewan yang berjaga, setelah dinyatakan sehat mereka akan mengeluarkan dokumen yang dibutuhkan pada saat keberangkatan dan anda akan diminta membayar biaya export. Sebaiknya anda datang ke Balai besar karantina paling tidak sehari sebelum hari keberangkatan sehingga pada hari keberangkatan semua dokumen sudah ditangan.
  6. Penyerahan semua dokumen dan hewan peliharaan anda ke cargo agent yang sudah anda tunjuk. Perlu diingat! Bawa hewan peliharaan anda paling tidak 8 jam sebelum jam penerbangan yang telah dijadwalkan. Karena semua cargo harus sudah masuk 6 jam sebelum jadwal terbang.
  7. Persiapkan makanan, minuman juga selimut untuk hewan peliharaan anda jika diperlukan tambahan semacam obat penenang untuk hewan yang diberikan oleh dokter hewan sebelum menyerahkan kepada cargo agent.

Nah itulah proses yang perlu dilakukan untuk mengumpulkan dokumen saat anda akan mengirimkan hewan peliharaan kesayangan dengan menggunakan jasa pengiriman hewan ke luar negeri, semoga bermanfaat ya gengs.